🔔New Update Telegram

Cara Melakukan Cetak Surat Mutasi Siswa di Aplikasi Dapodik 2018 b

Belum lama ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah Merilis aplikasi Dapodik 2018 b untuk Semester 2017/2018 Genap, yang mana di aplikasi tersebut ada beberapa penambahan Fitur baru yaitu salah satunya Melakukan Cetak Surat Mutasi Siswa berikut ini sedikit penjelasan Mengenai Fitur Cetak Surat Mutasi Siswa

Penambahan Fitur  konfirmasi dan cetak surat mutasi peserta didik Pada aplikasi versi 2018b ini, bertujuan untuk memudahkan Operator sekolah untuk melakukan Mutasi Peserta didik dan juga akan otomatis dibuatkan surat mutasi berdasarkan isian Aplikasi Dapodik di sekolah asal. 


Langkah-langkah untuk melakukan cetak surat mutasi peserta didik ini sangatlah mudah sekali dilakukan, caranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih peserta didik yang akan dimutasi, Kemudian klik tombol registrasi dan isi registrasi keluar peserta didik tersebut.

2. Selanjutnya  akan tampil jendela cetak surat mutasi. Status pertama adalah “Belum Melakukan Konfirmasi Cetak”. Untuk melakukan konfirmasi, klik tombol “Konfirmasi Cetak”.



5. Pilih Ya untuk melanjutkan. Pilih dengan hati-hati karena jika konfirmasi cetak selesai dilakukan, maka peserta didik tersebut tidak bisa dikembalikan menjadi peserta didik aktif di sekolah tersebut.



6. Selanjutnya, jika sudah berhasil melakukan konfirmasi maka pengguna dapat melakukan cetak surat mutasi dengan cara klik tombol “Cetak Dokumen”.



7. Maka akan tampil jendela cetak surat mutasi. Atur sesuai dengan kebutuhan lalu klik print, selesai.

2. Setelah selesai mengisi registrasi keluar dan mencetak Surat Mutasi, maka  segera lakukan sinkronisasi agar data lokal di sekolah sama dengan data di server pusat.

Nah mudah untuk mencetak surat pindah siswa, dengan ditambahnya fitur cetak surat mutasi peserta didik ini maka sangat memudahkan bagi kita selaku operator sekolah.

About the Author

Operator Sekolah, Opreker, Blogger

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai Postingan.
Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Tandai Beri tahu saya untuk mendapatkan informasi balasan.
KLIK DIBAWAH
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.