🔔New Update Telegram

Pengertian UKS, Logo UKS dan Pengertian Logo UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)

OPS BUKAL -Pengertian UKS, Logo UKS dan Pengertian Logo UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), serta mengenal Lirik Lagu Mars UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Lebih jelasnya baca ya penjelasan di bawah ini.

Apa itu UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) ? 
Pengertian UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) dapat dimaknai sebagai program pemerintah yang bertujuan untuk membina dan meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap satuan pendidikan serta membantu meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih dan sehat, menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.

Adapun tujuan khusus UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) adalah sebagai berikut.
  1. Meningkatkan sikap dan keterampilan untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan;
  2. Meningkatkan hidup bersih dan sehat baik dalam bentuk fisik, nonfisik, mental maupun sosial;
  3. Bebas dari pengaruh dan pengunaan obat-obat terlarang dan berbahaya seperti narkoba, rokok, minuman keras, alkohol dan zat adiktif lainya;
  4. Meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik, sehingga dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal.
  5. Memiliki sikap, keyakinan, daya tangkal bahwa perbuatan yang harus dihindari adalah bahaya rokok, kenakalan remaja, kehamilan diluar nikah, HIV/AIDS, narkoba, kecacingan, anemia, dan hepatitis B.
Sasaran program UKS/M adalah warga sekolah/madrasah, (Kepala Sekolah/Madrasah, guru, peserta didik, pegawai sekolah), unsur Puskesmas dan unsur Tim Pelaksana sekolah dari Tingkat Pendidikan Usia Dini sampai dengan Tingkat Pendidikan Menengah Atas (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA/), SLB termasuk peserta didik pondok pesantren,dan lingkungan keluarga, serta lingkungan masyarakat sekitar sekolah.

Seperti apa Logo UKS dan apa makna atau pengertian Logo UKS. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan tentang Sejarah dan Pengertian Logo UKS/M (Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah).




  1. Sejarah Logo UKS/M ( Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah). Pada tanggal 4 Juli 1985 Logo UKS diciptakan oleh Sekretariat Tim Pembina UKS Pusat. Pada tanggal 23 Juli 1985 Rapat Tim Pembina UKS Pusat telah menyetujui dan disepakati untuk dipakai sebagai logo UKS. Pada Rapat Kerja Nasional II Tim Pembina UKS seluruh Indonesia tahun 1991 di Batu, Jawa Timur, Logo UKS disetujui dan disahkan menjadi Logo UKS Nasional.
  2. Bentuk Logo UKS/M ((Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah) Bentuk Logo UKS UKS/M (Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah), terdiri atas segitiga sama sisi.Di dalam segitiga tersebut terdapat sebuah lingkaran yang menyinggung ketiga segitiga itu. Dalam lingkaran tertulis UKS (singkatan dari Usaha Kesehatan Sekolah). Yang di tulis mendatar dan vertikal dengan huruf K terletak di tengah-tengah.
  3. Arti atau pengertian Logo UKS/M (Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah)
         Arti atau pengertian Logo UKS/M (Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah) adalah sebagai berikut.
  • Segitiga sama sisi melambangkan lingkaran yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Di samping itu, segitiga juga sekaligus melambangkan Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan
  • lingkungan kehidupan sekolah sehat.
  • ingkaran yang terdapat di dalam segitiga melambangkan keterpaduan dan kegotong-royongan dalam melaksanakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
  • Singkatan UKS, yang sedemikian rupa, yaitu
  • mendatar dan vertikal melambangkan bahwa Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
  • adalah usaha yang berkesinambungan yang tiada henti-hentinya,diberikan kepada
  • semua jenis tingkat pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak (TK) sampai ke
  • tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)

Lalu bagaimana naskah atau Lirik Lagu Mars UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Bagi Kamu yang belum mengetahui lagu Mars UKS.

Berikut Naskah atau Lirik Lagu Mars UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

Demikian pembelajaran kita tentang Pengertian Logo UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) dan Naskah / lirik Lagu Mars UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Semoga bermanfaat, terima kasih. Selamat berjumpa dalam materi pembelajaran lainnya.

About the Author

Operator Sekolah, Opreker, Blogger

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai Postingan.
Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Tandai Beri tahu saya untuk mendapatkan informasi balasan.
KLIK DIBAWAH
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.