🔔New Update Telegram

Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020

OPS BUKAL - Kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah diseluruh indonesia sebagai persiapan dalam mengikuti Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020 berikut  saya ulas sedikit mengenai Panduan Pelaksanaan UKKS (Uji Kompetensi Kepala Sekolah) Tahun 2020.

Secara Garis besar ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengikuti Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020 seperti Metode Penilaian yang akan dan digunakan dan beberapa hal yang harus dipersiapkan diantaranya pembuatan Laporan best practice berdasarakan sistematika yang sudah ditetapkan, pembuatan dan unggah video pelaksanaan best practice via youtube.


untuk lebih jelasnya berikut ini rangkuman dari Panduan Pelaksanaaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020, apabila dirasa kurang lengkap silahkan mengunduh Panduan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020 melalui alamat yang sudah disediakan diakhir Postingan ini

Sasaran uji kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020 adalah Kepala Sekolah yang akan menyelesaikan periode ketiga atau masa kerja 12 (dua belas) tahun sebagai Kepala Sekolah dan akan ditugaskan kembali menjadi Kepala Sekolah pada periode keempat. Bagi Kepala Sekolah yang sudah masuk periode keempat pada bulan Juli tahun 2019, tidak perlu mengikuti Uji Kompetensi Kepala Sekolah (SE.Kepala LPPKS No.3139/B18/GT/2019. Tanggal 23 Juli 2019

Berdasarkan Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020, Metode Uji Kompetensi Uji kompetensi dilaksanakan dengan dua metode, yaitu Penilaian Portofolio dan Penyusunan Laporan Best Practice dengan Penjelasan Sebagai berikut :

a) Penilaian Portofolio
  • Penilaian portofolio bertujuan untuk memperoleh gambaran rekam jejak pelaksanaan kinerja kepala sekolah sesuai beban kerja yang telah ditentukan dan dampaknya terhadap prestasi sekolah.
  • Penilaian portofolio 3 tahun terakhir terdiri dari : 
    1. hasil PKKS;
    2. kejuaraan/penghargaan tertinggi sekolah (Kepala Sekolah, Guru, TAS, Siswa, dan lembaga);
    3. Publikasi ilmiah atau karya inovatif yang telah dinilai dalam PAK tahunan.

b) Penyusunan laporan best practice

  • Laporan best practice merupakan karya tulis ilmiah yang berisi pengalaman terbaik dalam melaksanakan tugas pokok kepala sekolah sebagai penggerak pada satuan pendidikan yang dipimpinnya. Laporan best practice bukan merupakan laporan hasil penelitian.
  • Laporan best practice bertujuan untuk menggali informasi tentang praktik-praktik baik kepala sekolah dalam melaksanakan tugas.
  • Laporan best practice berupa laporan tertulis sesuai sistematika dan dilengkapi data pendukung terlampir (lampiran 1)
  • Laporan best practice didiseminasikan di KKKS, MKKS, atau forum ilmiah lainnya dengan melibatkan minimal 3 sekolah dan minimal peserta 15 orang. Bukti fisik diseminasi berupa, berita acara, notula, daftar hadir, dan foto pelaksanaan.
  • Video pelaksanaan best practice diunggah di Youtube dan tautannya (link) dicantumkan pada laporan best practice. Video memuat kegiatan dan atau hasil pelaksanaan best practice serta testimoni kebermanfaatan program dari warga sekolah yang berdurasi maksimal 5 menit. (Cara unggah di youtube di lampiran 3)
  • Laporan best practice dilakukan dengan menulis online text atau mengunggah laporan best practice pada periode ketiga dalam bentuk file Word di SIM UKKS paling lambat satu minggu sebelum pelaksanaan uji kompetensi. File laporan akan diproses dalam plagiarism/similarity checker dengan toleransi 30%. File dengan tingkat plagiarism/similarity di atas 30% akan dinyatakan gugur, sehingga tidak dilakukan penilaian portofolio dan best practice.
  • Tata tulis naskah Laporan Best Practice sebagai berikut: jenis huruf Times New Romans ukuran huruf 12, spasi: 1.5, ukuran kertas A4, margin atas 3.0 cm; bawah 2.5 cm; tepi kiri 3.0 cm dan tepi kanan 2.5 cm, dan setiap halaman diberi nomor halaman. Jumlah halaman Best Practice 11 sampai dengan 25.
Dirangkum dari Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020 Penilaian dilakukan dengan menjumlahkan nilai dari dua komponen yaitu nilai portofolio dan best practice sesuai bobot yang telah ditentukan. Portofolio memiliki bobot penilaian 60% dan laporan best practice memiliki bobot penilaian 40%. Peserta uji kompetensi dinyatakan “kompeten”, jika mencapai nilai akhir minimal 75.
  • Penilaian portofolio terdiri dari hasil PKKS, kejuaraan/penghargaan, dan publikasi ilmiah/karya inovatif dengan bobot masing-masing 90%, 5%, dan 5%. Penilaian PKKS diambil langsung dari rerata nilai PKKS selama 3 tahun terakhir. 
  • Penilaian publikasi ilmiah/karya inovatif dihitung dengan akumulasi 3 tahun.
Untuk mengetahui Teknik penilaian selengkapnya bisa mengunduh Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020 dibawah ini.

Berikut sedikit informasi dari Sistematika Naskah Best Practice berdasarkan Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Bagian Awal
Bagian ini terdiri atas halaman judul (cover), halaman pernyataan keaslian naskah yang ditandatangani, halaman lembar persetujuan dari atasan langsung dan atau pejabat terkait, abstrak atau ringkasan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran.

2. Bagian Isi
Bagian ini terdiri atas:
  • Bab I Pendahuluan, berisi latar belakang, masalah, tujuan, dan manfaat best practice yang dilaksanakan.
  • Bab II Kajian Pustaka, berisi teori, kebijakan, pedoman dan/atau praktik yang dijadikan rujukan dalam menyelesaikan masalah.
  • Bab III Pembahasan masalah, berisi:
    1. langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah.
    2. Menuliskan tindakan sebagai pengalaman terbaiknya dalam memecahkan masalah dan juga dihubungkan dengan kajian teori/tinjauan pustaka yang menunjang.
    3. Menguraikan hasil yang dicapai dapat dikategorikan sebagai hasil yang luar biasa.
    4. Membahas hasil yang diperoleh dengan cara membandingkan data sebelum dan sesudahnya.
  • Bab IV Simpulan dan Rekomendasi, berisi intisari pengalaman terbaik dalam menyelesaikan permasalahan. Simpulan diikuti dengan saran atau rekomendasi ditujukan kepada pihak-pihak terkait dengan pemecahan masalah tersebut.
3. Bagian Penutup
Bagian ini berisi daftar pustaka yang merujuk pada kaidah APA style dan lampiran-lampiran tentang semua data yang dipakai untuk menunjang tulisan ini antara lain.
  • Dokumentasi kegiatan (apabila ada)
  • Bukti fisik pelaksanaan diseminasi best practice di KKKS, MKKS, atau forum ilmiah lainnya dengan melibatkan minimal 3 sekolah dan minimal peserta 15 orang. Bukti fisik diseminasi berupa, berita acara, notula, daftar hadir, dan foto pelaksanaan.
untuk Tata cara mengunggah Video pelaksanaan Best Practice ke akun Youtube silahkan diliat Pada Lampiran Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020 melalui link dibawah.

Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020

Demikian info tentang Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020,Semoga bermanfaat. 

About the Author

Operator Sekolah, Opreker, Blogger

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai Postingan.
Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Tandai Beri tahu saya untuk mendapatkan informasi balasan.
KLIK DIBAWAH
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.