🔔New Update Telegram

Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

OPS BUKAL - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional,  menerbitkan Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021. Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah Dasar (KSN SD) merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para peserta didik di seluruh Indonesia

Kompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN SD) Tahun 2021 diharapkan menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu mencintai sains, berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis.


Harapannya, pada saatnya nanti mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

dikarenakan kondisi pendemik masih belum mereda, dengan mengacu pada protokol kesehatan pelaksanaan lomba-lomba dilakukan secara daring/online di bawah pengawasan dari dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi.

Juknis KSN SD Tahun 2021 ini disusun sebagai acuan bagi peserta, satuan pendidikan, dan panitia penyelenggara dalam mempersiapkan dan mengikuti KSN SD tahun ini dengan sebaik–baiknya.

Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 masih di laksanakan secara daring/online seperti tahun sebelumnya. KSN SD tahun 2021 merupakan kompetisi ke-2 yang dilaksanakan secara daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional. Panduan teknis pelaksanaan KSN SD tahun 2021 yang telah disusun merupakan penyempurnaan dari pedoman sebelumnya.

Berikut ini uraian singkat mengenai Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

Tujuan


1. Tujuan Umum

Tujuan umum KSN SD tahun 2021 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong.

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

2. Tujuan Khusus

Tujuan khusus KSN SD tahun 2021 adalah sebagai berikut.

a. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampumengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.

b. Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.

c. Untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari.

d. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat;e.memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan,

e. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.


Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021 bertemakan “Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat” dengan Sasaran adalah peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat.

Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021 dan dokumen lainnya secara lengkap dapat di unduh pada tautan di bawah ini.
  • Panduan Teknis KSN SD 2021 – Unduh
  • Silabus KSN SD 2021 – Unduh
  • Surat Keterangan Sekolah KSN SD 2021 – Unduh
  • Surat Pernyataan Pendamping KSN SD 2021 – Unduh
  • Surat Pernyataan Peserta KSN SD 2021 – Unduh

Demikian Petunjuk Teknis Juknis Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

About the Author

Operator Sekolah, Opreker, Blogger

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai Postingan.
Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Tandai Beri tahu saya untuk mendapatkan informasi balasan.
KLIK DIBAWAH
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.