🔔New Update Telegram

Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 
Salam sejahtera bagi kita semua, Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi terbaru terkait dengan Pengumuman Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022.



Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengundang Putra/Putri terbaik bangsa yang memiliki minat, bakat, dan panggilan jiwa menjadi guru untuk mengikuti seleksi calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Tahun 2022.

Sebelum menuju ke pendaftaran seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022 ada baiknya kita mengetahui hal-hal berikut ini :


APA YANG DIMAKSUD DENGAN PPG PRAJABATAN?

PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi lulusan Sarjana maupun Diploma IV, baik dari kependidikan maupun nonkependidikan bagi calon guru untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

    APA SAJA MANFAAT MENGIKUTI PPG PRAJABATAN?

    1. Memperoleh sertifikat pendidik.
    2. Meningkatkan kompetensi pedagogik, sosial, profesional dan kepribadian untuk memulai karier sebagai guru profesional.
    3. Memperoleh pengakuan sebagai guru profesional.

    Persyaratan Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022

    Peserta Program PPG Prajabatan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    1. Warga Negara Indonesia;
    2. Tidak terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidik (Dapodik);
    3. Memiliki ijazah dengan kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri;
    4. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 (tiga koma nol nol);
    5. Berusia paling tinggi 32 (tiga puluh dua) tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran.
    6. Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani (diserahkan saat lapor diri);
    7. Memiliki surat keterangan berkelakuan baik (diserahkan saat lapor diri);
    8. Memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) (diserahkan saat lapor diri);;
    9. Menandatangani pakta integritas; dan
    10. Mengikuti tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara

    Tahapan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022

     Ada 3 (tiga) tahapan seleksi yang akan dilaksanakan yaitu: 
    1. Tahap I - Seleksi administrasi, yaitu proses penyeleksian kelengkapan berkas dan kesesuaian persyaratan administrasi yang dilakukan secara daring/online melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB). 
    2. Tahap II - Tes substantif, meliputi Tes Penguasaan Bidang dan Tes Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi yang dilaksanakan secara luring/offline pada Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk. Teknis pelaksanaan tes menggunakan aplikasi Computer Assisted Test Asesmen Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK). 
    3. Tahap III - Tes wawancara, bertujuan untuk menggali lebih dalam kompetensi calon mahasiswa baik profesional dan personal, dilaksanakan secara daring/online melalui media/platform virtual meeting. 
    Tahapan seleksi bersifat sekuensial sehingga jika dinyatakan tidak lolos pada salah satu tahap, maka tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Biaya pendaftaran dan seleksi tahap I dan II sebesar Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) ditanggung oleh calon mahasiswa.

    Tatacara Pendaftaran dan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022

    Sistem pendaftaran dibuka pada tanggal 1 Juni 2022 pukul 20.00 WIB

    Tatacara pendaftaran adalah sebagai berikut.
    1. Calon mahasiswa wajib memiliki alamat pos elektronik (email) yang aktif.
    2. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran awal melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id, kemudian memilih menu “daftar PPG Prajabatan Tahun 2022”.
    3. Calon mahasiswa membuat akun pendaftaran aplikasi SIMPKB. Pada tahap ini, data NIK akan diverifikasi secara otomatis, dan akun berhasil terbentuk jika data calon mahasiswa dinyatakan valid dan memenuhi pada poin bagian persyaratan, angka 1 s.d 3.
    4. Pendaftaran lanjutan dengan cara login pada aplikasi SIMPKB dengan menggunakan username dan password yang telah dikirimkan melalui email.
    Tahapan pendaftaran lanjutan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022 dapat dilihat melalui surat Pengumuman Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022 dibawah ini.

    Jadwal Pelaksanaan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022



    Seluruh biaya transportasi, akomodasi, kelengkapan administrasi, dan biaya pribadi selama mengikuti seleksi ditanggung oleh calon mahasiswa. 

    Setiap perkembangan informasi penyelenggaraan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022 dapat diakses pada laman https://ppg.kemdikbud.go.id

    Untuk dokumen lengkap terkait pengumuman Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022 dapat di unduh melalui tautan di bawah ini :





    Cukup sekian saja rekan-rekan sobat data informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Terima Kasih sudah mampir di blog saya. 

    Salam Satu Data Pendidikan Indonesia, 
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    About the Author

    Operator Sekolah, Opreker, Blogger

    Posting Komentar

    Berkomentarlah sesuai Postingan.
    Komentar yang anda berikan adalah tanggapan pribadi,
    kami berhak menghapus semua komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

    Tandai Beri tahu saya untuk mendapatkan informasi balasan.
    KLIK DIBAWAH
    Cookie Consent
    We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
    Oops!
    It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
    AdBlock Detected!
    We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
    The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
    Site is Blocked
    Sorry! This site is not available in your country.